Selasa, 28 Desember 2010

UNFORGETABLE PART OF MY LIFE

2
Berikut ini sedikit cerita dari pengalamanku selama di SMA8 dimana aku ikut olimpiade kebumian yang sampai saat ini masih saja aku geluti wkwkwkk. Nggak sadar juga udah kelas 3, masih terbuai sama olimpiade. Kenapa? karena ini bener2 pengalaman yang nggak bakalan pernah aku lupain dari hidupku. Pengalaman ini bakal tetep longlast deh, soalnya lewat ini masa depanku terbuka lebar meski awalnya bener-bener nggak nyangka abiss.

Berawal dari kelas Cerdas Istimewa(istilahnya ngeri deeh..) yang nggak tau kenapa kok aku bisa tersesat di kelas itu,heheehe.. Waktu itu, kira-kira akhir taun 2008 setelah beberapa bulan mengais ilmu di delayota, eh tiba-tiba ada pemilihan anggota DSC alias Delayota Science Club. DSC adalah sebuah kelompok belajar di Delayota yang secara khusus mempersiapkan siswa buat olimpiade. Entah dilihat darimana aku ditunjuk buat jadi anggota DSC bidang kebumian. Heran juga waktu itu, kok bisa sih? Wow! Apasih kebumian? Awalnya bener-bener nggak tau apa itu ilmu kebumian atau istilah kerennya Geosciece. Yang aku tau cuma mungkin ada hubungannya ada geografi. Tapi….. oooh ternyata (ntar deh di belakang njelasinnya). Karena udah ditunjuk yaudah deh akhirnya gabung sama DSC itu. Awalnya ada pelantikannya dulu alias pengukuhan (wusss!), jadi semua siswa yang udah terdaftar dikumpulin jadi satu dan dijelasin deh apa itu tujuan DSC dan seluk beluk olimpiade. Dalam pikiranku cuma ”oh yayaa palingan seleksi sekolah aja belom tentu lolos hehee”(Jangan ditiru, kalo udah kayak gini brarti kalah sebelum bertanding). Akhirnya saya resmi jadi anggota Delayota Science Club dengan harapan kosong, apa bisa aku membanggakan nama Delayota

Setelah dilantik, lalu diatur jadwal pembinaan masing-masing bidang buat pembinaanya. Kalo nggak salah bidang kebumian waktu itu hari Senin, Rabu, Kamis. Pokoknya bidang kebumian deh yang paling rutin dan paling rajin pembinaan karena pengajarnya bener-bener niat buat ngajarin pendatang baru yang pengetahuan kebumiannya masih 0 besar. Hehehee..nggak mau sebut nama, yang pasti pelatih kami itu kakak kelas yang sudah expert dan udah berhasil meraih medali emas di OSN tahun 2008. Waktu liat pertama kali tu orang dalam pikiranku “Wah! Ni orang makan apa ya kok bisa pinter banget.ckckck.. kapan aku bisa kayak dia #mengkhayal” hahahaa.. ya itulah awal aku belajar ilmu kebumian. Oiya, waktu itu yang ikut pembinaan ada 15 orang(awalnya), tapi makin lama makin menyusut karena ada aja yang makin males buat ikut pembinaan. Aku aja udah super males-malesan nggak jelas waktu itu. Dateng cuma dateng doang dan kebanyakan nggak ngerti sama materi yang disampein sama sang pengajar.hedeh. tapi untungnyaaa nggak ada bisikan setan buat aku bolos dari pembinaan (kadang2 bolos sih hhe..)coba aku mundur waktu itu, mau jadi apa aku sekarang. Tapi Tuhan emang udah mengatur jalan sebaik mungkin. RencanaNya selalu indah. Singkat cerita, pembinaan demi pembinaan pun kami ikuti.

Setelah beberapa bulan pembinaan dan pembinaan, akhirnya datang juga hari dimana ada seleksi sekolah buat ke OSK atau Olimpiade Sains tingkat Kota. Hal yang bener-bener bikin geli waktu itu peserta pembinaan bidang kebumian yang awalnya 15 orang akhirnya jadi 10 orang dan kuota buat seleksi OSK adalah 10 orang.JADI APA GUNANYA SELEKSI SEKOLAH?! Tapi karena emang udah prosedur ya tetep ada seleksi sekolah deh walaupun ntar bakal lolos semua ke seleksi OSK hahahahaaa… Waktu ngerjain soal-soal seleksi sekolah dalam hati “who, opo iki.. ra mudeng blas” . Oiya, selama pembinaan yang aku andelin cuma materi2 dari buku Geografi(yaelah) soalnya ilmu yang diajarin sama sang pengajar udah expert banget,sejujurnya nggak ngerti sama sekali awalnya, istilahnya udah kayak ilmu dari antah berantah deh soalnya nggak ada di pelajaran SMA hihihi. Kembali ke soal2 seleksi tingkat sekolah, hmm ilmu geografi ternyata masih bisa diandalkan buat ngerjain soal2 itu yaa walaupun sebagian besar cuma berdasar sama feeling hehhee. Setelah beberapa hari, akhiranya diumumin tuh hasil seleksi sekolah. Dari masing-masing bidang diambil 10 peserta buat ke seleksi OSK. Sebanyak 10 peserta bidang kebumian yang ikut seleksi ternyata lolos semua (yaiyalaaahh..orang pesertanya juga cuma 10 hehee) dan…. akhirnya kita pembinaan dan pembinaan lagi buat persiapan OSK…

Jeng …. Jeng….

Hari yang dinanti-nantikan akhirnya datang juga yaiti seleksi Olimpide Sains tingkat Kota. Kalo nggak salah waktu itu bulan April ata Mei. Kita bersepuluh dengan segala ilmu yang udah kita santap bersiap menghadapi tuh OSK. 
And  finally…… TEST…..

*piiiiiiiiiiiiiiiiiiip*

“aduh nggak ngerti”
“makanan apaan nih??”
” e buseet baru kali ini liat peta geologi!!”

* Jika parsel udara dengan suhu 27 derajat C bergerak dari pantai melewati
pegunungan dengan ketinggian 2500 m dengan paras kondensasi berada pada
ketinggian 1500 m. Hitunglah berapa derajatkah suhu parsel udara tersebut ketika
mencapai pantai laut dibalik pegunungan tersebut.*

“Parsel=bingkisan ???” o_O
“ tau deeh, yang penting ikut meramaikan aja”

*piiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip*

Akhirnya …….. selesai sudah tes OSK!!! Waktu itu udah kayak nggak ada beban. Nggak ada harapan. Lolos ya syukur kalo nggak lolos ya udah -_____- tinggal nunggu hasil pengumuman.

To be continued……







2 Response to UNFORGETABLE PART OF MY LIFE

8 Januari 2011 pukul 01.34

NGGAK NGERTI?????? nggak ngerti kamu bilang???

Perkenalkan, Anarita Widyaningrum, Peraih medali E-M-A-S OSN 2010

13 Januari 2011 pukul 07.38

yaelaaah.. itu cerita 2 tahun yang lalu dzaaa -____- wah makasih ya udah dikenalin hahahha :D

Posting Komentar